Hari Belanja Online
Siapa sangka, transaksi belanja online yang dibukukan selama program Hari Belanja Online (Harbolnas) pada tahun ini menembus Rp 4 triliun selama 3 hari. Bayangkan, 4 T selama 3 hari.
Adrian Panggabean dari CIMB Niaga mengungkapkan omzet Harbolnas menembus Rp4 triliun, lebih tinggi ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Ya, transaksinya terus meningkat mencapai 4 kali dalam 3 tahun, bahkan mencapai 60 kali dalam 5 tahun.
Belum lagi transaksi yang terjadi via Facebook, Instagram, WhatsApp, Blackberry yang tidak terlacak oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Ditjen Pajak. Boleh dibilang, internet memang pasar yang teramat dahsyat.
Ketika Harbolnas, omset Lazada (bagian dari Alibaba) naik hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa. Adapun transaksi di Gramedia.com naik 40.000 persen.
Saat ini, omset penjualan e-commerce di Indonesia berada di sekitar 3,5% dari PDB. Di Amerika, rasionya sekitar 6% sampai 8%. Jadi e-commerce Indonesia sebenarnya sudah relatif besar secara angka.
Kue ekonomi yang sedemikian besar, sudahkah kita menikmatinya? Atau sekedar tahu dan takjub saja? Ada baiknya kita mulai mempelajari dan mendalami digital marketing. Jadilah pemain. Jadilah pelaku.
Sekian dari saya, Ippho Santosa.
Komentar
Posting Komentar